Your search results

Dokumen yang berhubungan dengan jual beli rumah: PPJB, PJB, AJB

Posted by admin on Oktober 21, 2015
| 1

sertifikat 8000x300Dalam proses jual beli properti seperti tanah, rumah, apartemen, kita sering mendengar terminology Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Pengikatan Jual Beli (PJB), Akta Jual Beli (AJB). Apakah itu?

PPJB dibuat untuk pengikatan sementara sebelum pembuatan AJB di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). isi PPJB adalah kesepakatan penjual untuk mengikatkan diri akan menjual kepada pembeli dengan disertai pemberian tanda jadi atau uang muka berdasarkan kesepakatan. Umumnya PPJB dibuat di bawah tangan karena suatu sebab tertentu seperti pembayaran harga belum lunas. Di dalam PPJB memuat perjanjian-perjanjian, seperti besarnya harga, kapan waktu pelunasan dan dibuatnya AJB.

PJB adalah kesepakatan antara penjual untuk menjual properti miliknya kepada pembeli yang dibuat dengan akta notaris. PJB bisa dibuat karena alasan tertentu seperti belum lunasnya pembayaran harga jual beli dan belum dibayarkannya pajak-pajak yang timbul karena jual beli atau ada nya ketidak complete nya beberapa document yang perlu di siapkan.

PJB dpt di categorikan secara umun dlm dua: PJB Lunas dan PJB Belum Lunas

PJB lunas, dibuat apabila harga jual beli sudah dibayarkan lunas oleh pembeli kepada penjual tetapi belum bisa dilaksanakan AJB, karena antara lain pajak-pajak jual beli belum dibayarkan, sertifikat masih dalam pengurusan dan lain-lain. Dalam pasal-pasal PJB tersebut dicantumkan kapan AJB akan dilaksanakan dan persyaratannya.

Biasanya PJB lunas ini juga di sertai dgn surat kuasa dari penjual kepada pembeli, sehingga memungkinkan pembeli melakukan transaksi jual kepada pembeli lainnya tanpa kehadiran penjual lagi. Untuk mengselesaikan penjualan resmi maka AJB bisa di buatkan di Notaris/PPAT dimana Lokasi Objek berada.

PJB belum lunas, dibuat apabila pembayaran harga jual beli belum lunas diterima oleh penjual. Didalam pasal-pasal PJB tidak lunas sekurang-kurangnya dicantumkan jumlah uang muka yang dibayarkan pada saat penandatanganan akta PJB, cara atau termin pembayaran, kapan pelunasan dan sanksi-sanksi yang disepakati apabila salah satu pihak wanprestasi. PJB tidak lunas juga harus ditindaklanjuti dengan AJB pada saat pelunasan.

ajb 150x150AJB – Akte Jual Beli adalah akta official yang dibuat oleh PPAT untuk peralihan hak atas tanah dan bangunan. Pembuatan AJB dilakukan setelah seluruh pajak-pajak PPH (di tanggung Penjual) dan BPHTB (ditanggung Pembeli) sudah dibayarkan oleh para pihak masing-masing. Dengan adanya AJB maka pembeli rumah bisa mengajukan pendaftaran untuk Balik Nama alias perubahan nama pada sertifikat dari pemilik pertama menjadi kepemilikannya. Dengan selesainya balik nama sertifikat maka hak atas tanah dan bangunan sudah berpindah dari penjual kepada pembeli.

 

One thought on “Dokumen yang berhubungan dengan jual beli rumah: PPJB, PJB, AJB

  • sri rusmiati
    on Maret 1, 2016

    Apakah ada dasar hukum yang mengatur tentang PPJB dan PJB?

Tinggalkan Pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  • Cari Gadget Disini

  • Pencarian Pintar

  • Artikel Baru


Warning: First parameter must either be an object or the name of an existing class in /home/inibarur/public_html/wp-content/plugins/yeloni-free-exit-popup/wordpress/yetience-class.php on line 143